Rabu, 10 Juli 2013

Traveling Note Competition

Traveling Note Competition, Penerbit DIVA Press

Judul Buku         : Traveling Note Competition
(30 catatan perjalanan tak terlupakan)
Penulis              : Lalu Abdul Fatah, dkk.
Editor                : RN
Penata Letak      : Violet Vitrya
Desain Kover      : Ferdika
Penerbit             : DIVA Press (Anggota IKAPI)
Halaman            : 280, 15,5 cm x 23,5 cm
ISBN                 : 978-602-7695-17-7
Cetakan Pertama  :Juni 2013

Dalam antologi ini saya adalah salah satu penulisnya dengan nama pena 'Dwi Klarasari'.

Sebenarnya, buku ini merupakan kumpulan catatan perjalanan dari berbagai penjuru nusantara dan dunia yang diuraikan oleh 30 penulis. Ketiga puluh penulis ini termasuk saya adalah pemenang kompetisi menulis yang diadakan oleh DIVA Press. Kompetisi bertajuk "Traveling NOte Competition" ini berlangsung antara bulan September hingga Desember 2012.

Jadi, dalam tiga bulan tersebut siapa pun boleh mengirimkan tulisan (catatan perjalanan). Banyak pencinta traveling sekaligus peminat dunia tulis-menulis mengirimkan catatannya. Kami diminta untuk menyampaikan reportase sekaligus pengalaman paling menarik dalam perjalanan yang pernah kami lakukan. Kami juga diminta menyertakan dokumentasi tentang perjalanan wisata yang kami kisahkan. Versi lengkapnya ada di sini.

Dari hasil seleksi ratusan naskah, DIVA Press memilih 30 catatan perjalanan terunik. Menurut blurb pada kover belakang buku, konon dalam 30 tulisan yang terpilih itu juri menemukan catatan tentang ejadian-kejadian lucu, mengharukan, hingga mengundang simpati bagi para pembaca. Potensi dampak positifnya adalah membuat para pembacanya ingin pergi ke tempat wisata tersebut untuk mengalaminya sendiri.

Puji Tuhan tulisan saya yang berjudul "KampungBaduy" berhasil lolos dan terpilih di antara 30 pemenang. Bagi saya perjalanan ke kampung tradisional masyarakat adat Baduy ini memang sangat mengesankan hingga saya pun menulisnya dengan antusias. Saya sertakan pula sejumah foto yang menggambarkan keindahan Kampung Baduy dan keunikan masyarakat Baduy. Namun, sayang sekali saya belum berkesempatan memenangkan 3 hadiah utama yaitu berwisata ke Karimunjawa (Jawa Tengah) selama 3 hari 2 malam. Ketiga teman penulis yang beruntung adalah Lalu Abdul Fatah (Surabaya)--Way Kambas; Alhimni Fahma (Jakarta)--Melacca; dan Bagus Setyoko (Jakarta)--Kota Tua.

Meskipun tidak termasuk pemenang utama dan hanya mendapatkan kenang-kenangan berupa kaos dan buku antologi ini, tetapi saya merasa senang dan bangga. Lewat buku antologi ini saya pun mendapat teman-teman baru dan juga referensi cara menulis catatan perjalanan. Bagaimanapun ke-30 catatan perjalanan yang diterbitkan sebagai antologi "Traveling Note Competition" ini bagus dan sangat menarik.

Pelajaran berharga dalam membuat sebuah catatan perjalanan yaitu harus detail apa dan bagaimana perjalanan tersebut dilakukan. Berapa lama dapat dijalani,seluk-beluk lokasi yang dikunjungi, biaya yang dibutuhkan, perlengkapan yang harus disiapkan, dokumentasi yang harus diambil, dan sebagainya. Informasi sekecil apa pun akan sangat bermanfaat bagi para pembaca.  

Berikut beberapa tautan untuk Traveling Note Competition 

Salam Literasi!

Depok, Juli 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar