Rabu, 18 Februari 2009

Karunia Kasih


Judul Buku   : Karunia Kasih Bunda Teresa
Penyusun     Servant Publication
Penerjemah :   Gadang JP
Penerbit       Bethlehem Publishers
Halaman       :   x+118
ISBN             :   979-95664-5-6
Tahun terbit :   1999

Buku kecil berjudul Karunia Kasih ini saya dapatkan dari seorang sahabat sebagai sebuah hadiah. Buku saku berukuran 9 x 12,5 cm itu memuat beberapa ungkapan yang pernah disampaikan oleh Bunda Teresa dari Calcutta.

Ungkapan bermakna KASIH itu sederhana saja. Tak ada ungkapan yang terlalu panjang. Yang terpanjang mungkin hanya berisi 7-8 kalimat. Bahkan ada yang hanya satu kalimat.

Walauun demikian, semua ungkapan dalam buku ini mengingatkanku untuk terus menyadari dan meresapi arti KASIH. Selain itu juga memberi dorongan untuk menebarkan KASIH, mengajakku menjadi KARUNIA KASIH bagi sesama.

Tentu yang dimaksud adalah Karunia Kasih yang bersumber hanya dari Yang Maha Kasih, yaitu Allah sendiri. Beberapa kutipannya, antara lain:

“Tidak ada yang membatasi kasih Allah. Panjangnya tak dapat terukur dan dalamnya tak dapat terduga.”

“Kita harus tahu bahwa kita telah diciptakan untuk perkara-perkara yang lebih besar daripada sekadar memenuhi bumi, juga lebih besar dari sekadar mendapatkan gelar dan jabatan, atau sekadar melakukan ini dan itu. Kita telah diciptakan untuk mengasihi dan dikasihi.”

Sangat kebetulan jika sesudah membaca buku saku ini, saya menikmati novel karya Dominique Lapierre berjudul City of Joy (Negeri Bahagia). Menurutku, kisah dalam novel ini adalah aktualisasi dari semua ungkapan Bunda Teresa tentang KARUNIA KASIH.

Resensi singkat untuk novel ini saya tuliskan dalam artikel berjudul "Aktualisasi Kasih".

Kalimalang, 18 Februari 2009


Tidak ada komentar:

Posting Komentar