Senin, 16 Februari 2009

Tuesday with Morrie




Judul Buku   : Tuesdday with Morrie
Penulis         Mitch Albom
Penerbit       Gramedia Pustaka Utama
Halaman       :   x+118
ISBN             :   979-95664-5-6
Tahun terbit :   2007

Morrie Schwart - seorang dosen yang terserang penyakit ALS tengah menunggu ajal menjemput. Sementara “menunggu” ia memberikan kuliah bagi mahasiswa kesayangannya, Mitch Albom. Bukan sekadar kuliah, tetapi pelajaran tentang cinta dan kasih sayang. Lebih dari itu adalah pelajaran tentang kehidupan. 

Setiap Selasa, mereka mengisi kuliah dengan menjalin percakapan. Morrie mengajarkan bagaimana menjalani hidup, memaknai hidup, dan menyiapkan kematian itu sendiri. 

Membaca pelajaran hidup yang dibagikan Morrie membuat kita tersadar. Setiap hari kita sibuk menjalani kehidupan. Banyak pekerjaan dan rencana capaian: memperbaiki status sosial, meningkatkan karir, mempertahankan jabatan, dan banyak rencana. Semua orang sibuk mengisi hidupnya, tetapi sering kali melupakan nilai kehidupan itu sendiri. Kita hidup tanpa makna dan tujuan. Morrie bilang kita hidup seperti robot.

Setiap kata-kata Morrie dalam kuliahnya menyentuh dan mengajak kita unuk melakukan introspeksi. Mengajak kita menyadari arti dan tujuan hidup kita yang sebenarnya. Kita diajak menyadari bahwa sering kali kita hanya mengejar kebahagiaan semu. 


Morrie sepertinya menjalani hidupnya dengan bijaksana. Ia bahkan memanfaatkan sisa hidupnya yang tinggal beberapa bulan dan ingin memberinya “arti” lebih. Baginya hidup berarti bila kita bisa memberikan sesuatu bagi orang lain, lingkungan, dan masyarakat luas. 

Cerita ini adalah true story. Buku yang kisahnya telah difilmkan ini sangat menarik dan tidak membosankan. Pelajaran hidup yang diberikan tidak terasa menggurui. Terlebih posisi Mitch Albom di sini setara dengan pembaca. Bersama Albom kita akan selalu menantikan Hari Selasa itu, dan turut kehilangan saat Selasa itu tak ada lagi.


Kalimalang, 16 Februari 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar