Jumat, 20 Maret 2020

Tentang Saya

Foto @dwi_klarasari Lokasi: Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia, Bogor

Nama pena saya 'Dwi Klarasari' diambil dari nama lengkap yang boleh dibilang sangat panjang dan sangat seru bila dikisahkan (Silakan baca kisahnya dalam artikel Arti Sebuah Nama). Saya hanya mengambil dua kata saja agar lebih mudah diingat dan cepat dalam menuliskannya. Saya dilahirkan pada awal Februari di kota brem atau kota pecel, Madiun, Jawa Timur. Saya juga pernah memakai nama alias, seperti Margareth Deka, Klara Sr, dll.

Ketertarikan saya pada dunia literasi sebenarnya sudah ada semenjak kecil (SD), terlihat dari hobi membaca dan mengarang yang saya tekuni. Saat duduk di sekolah tingkat menengah saya bahkan mencoba peruntungan mencari tambahan uang jajan dengan mengirim tulisan/reportase singkat ke koran atau majalah. Ada rasa senang sekaligus bangga jika tulisan terbit dan mendapat wesel sebagai imbalan. Salah satu buku yang sangat berpengaruh dalam memelihara passion (renjana) saya adalah Mengarang itu Gampang karya Arswendo Atmowiloto

Karena satu dan lain hal saat menempuh pendidikan tinggi saya justru mendalami bidang teknik, tepatnya Teknik Arsitektur. Semenjak di tingkat akhir dan setelah lulus, ribuan hari saya habiskan untuk menempuh jalan profesi sesuai pendidikan tersebut. Bekerja di konsultan ataupun kontraktor. Namun, saya sempat pula menekuni dunia pendidikan saat merantau ke kota Medan--menjadi staf pengajar di Fakultas Teknik Universitas Katolik Santo Thomas; mengajar di Program D1 beberapa institusi swasta; juga mengajar di sebuah SMK Grafika. Di sela-sela tugas profesi, saya tetap menekuni dunia tulis-menulis.

Setelah melanglang buana, akhirnya takdir membawa saya kembali menapaki jalan aksara yang telah menjadi renjana semenjak kecil. Tahun 2002 saya memasuki dunia penerbitan. Di Penerbit Galaxy Puspa Mega saya didapuk sebagai editor yang bertugas mengelola sejumlah tim penulis sekaligus membidani terbitnya sejumlah buku pelajaran dari tingkat SD s/d SMA/SMK. Pada waktu itu saya mendapat bagian untuk bidang pelajaran Sains/IPA (SD); Sains, Geografi, dan Fisika (SMP/SMA); dan Teknik (SMK). 

Selain sebagai editor in house, saya juga merintis pekerjaan sebagai penulis lepas dan menyunting naskah/buku non-pelajaran. Saya pun masih asyik merangkai kata sebagai hobi, seperti menulis puisi, cerpen, dan sebagainya. Menulis sebagai profesi dan hobi sering kali hampir tak jelas batasnya. Namun satu hal yang patut disyukuri adalah profesi yang saya lakoni telah sesuai dengan passion (renjana) saya. Kala itu saya pun bertekad untuk menjadi expert di bidang tersebut dengan memanfaatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan ilmu dan keterampilan (lewat workshop, seminar, dsb.); juga tak bosan-bosan belajar secara autodidak tentang banyak hal terkait dunia tulis-menulis dan penerbitan. 

Pada satu masa saya pun memutuskan untuk menjadi pekerja lepas. Berbagai pekerjaan terkait tulis-menulis dan penerbitan saya lakoni secara mandiri. Saya menjadi editor; menulis artikel dan resensi; menjual naskah buku ke penerbit; menjadi penulis bayangan hingga membantu penulis lain untuk menerbitkan buku secara mandiri (self publishing). Belakangan saya mencoba untuk menjadi lebih pede dengan menyebut diri saya seorang writerpreneur

Demikianlah sekelumit tentang saya.  

Salam Literasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar